Kegiatan PSG SMK SAMUDRA NUSANTARA


A.    LATAR BELAKANG

Dalam rangka mempersiapkan lulusan SMK yang siap kerja dan mampu bersaing di dunia industri yang semakin kompetitif, SMK Samudra Nusantara menyelenggarakan kegiatan seleksi kelas industri dan tes potensi akademik bagi peserta didik kelas XI. Kegiatan ini sejalan dengan konsep link and match antara dunia pendidikan dan dunia usaha, sehingga lulusan SMK memiliki kompetensi yang relevan dengan kebutuhan industri. Melalui seleksi yang ketat, siswa akan ditempatkan pada kelas industri yang sesuai dengan minat dan bakatnya, serta mendapatkan pembelajaran yang lebih terarah dan intensif. Dunia kerja saat ini menuntut sumber daya manusia yang tidak hanya memiliki pengetahuan, tetapi juga keterampilan dan sikap yang sesuai dengan tuntutan industri. Untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan di masa depan, SMK Samudra Nusantara menyelenggarakan kegiatan seleksi kelas industri dan tes potensi akademik. Melalui kegiatan ini, siswa akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang dunia kerja dan dapat memilih jalur karier yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

 Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi, SMK Samudra Nusantara secara rutin menyelenggarakan kegiatan seleksi kelas industri dan tes potensi akademik. Kegiatan ini bertujuan untuk menyeleksi siswa yang memiliki potensi akademik yang tinggi dan minat yang kuat pada bidang industri. Dengan demikian, kualitas pembelajaran di kelas industri dapat ditingkatkan dan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Berdasarkan kegiatan tersebut SMK Sammudra Nusantara berkomitmen dalam kualitas pendidikan untuk peserta didik menyambut masa depan dan terarah.

B.    TUJUAN KEGIATAN

Dari kegiatan tersebut tentu adapun tujuan kegiatan sebagai berikut 

  1. Peserta didik dapat memetakan minat dan bakat.
  2. Menilai dan mempersiapkan siswa untuk keterampilan yang relevan dengan dunia industry
  3. Mengidentifikasi kekuatan dan area perbaikan untuk pengembangan lebih lanjut sebelum memasuki dunia kerja.
  4. Mengidentifikasi kekuatan dan area perbaikan untuk pengembangan lebih lanjut sebelum memasuki dunia kerja.
  5. Menilai sejauh mana kompetensi siswa sesuai dengan kebutuhan dan standar industri.

C.    MANFAAT KEGIATAN

BAGI PESERTA DIDIK

  1. Peserta didik dipersiapkan sebelum bekerja di dunia industry
  2. Peserta didik mendapatkan pembelajaran yang terarah sesuai dengan kelas industry yang dipilih
  3. Peserta didik dapat mengetahui potensi dan area perbaikan untuk menyesuaikan kebutuhan dunia industry
  4. Peserta didik dapat termotivasi untuk menuangkan minat dan bakat serta kompetensi yang harus dimiliki

BAGI WALI SISWA

1   Wali siswa mendapatkan gambaran mengenai industry yang dipilih oleh anak
2 Wali siswa mendapatkan meningkatkan ketrampilan berkomunikasi dengan anak
Wali siswa dapat terlibat dalam kegiatan menunjang masa depan anaknya
Wali siswa akan merasa tenang dan aman mengenai masa depan anaknya

BAGI DUNIA INDUSTRI

  1. Industry dapat menentukan pilihan kepada peserta didik yang memiliki kualifikasi                dalam dunia industry
  2. Industry dapat membidik peserta didik sesuai kebutuhan dunia industry
  3. Industry dapat mengukur kompetensi peserta didik

BAGI SEKOLAH

  1. Dapat meningkatkan kualitas lulusan sekolah
  2.  Memperkuat hubungan kerja sama dengan dunia industry
  3.  Meningkatkan reputasi sekolah di masyarakat

D.    SASARAN KEGIATAN

Adapun sasaran dalam kegiatan ini adalah seluruh peserta didik SMK Samudra Nusantara Kelas XI

E.    RINCIAN PEMBIAYAAN (Terlampir)

F.    ALUR KEGIATAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)




 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

SOSIALISASI GURU WALI TENTANG KELAS INDUSTRI 2024/2025

SELEKSI KELAS INDUSTRI SMK SAMUDRA NUSANTARA

TES POTENSI AKADEMIK (TPA) SMK SAMUDRA NUSANTARA